Setelah berhasil memiliki buah hati yang pertama, sebagian besar pasangan suami istri ada yang mulai merencanakan program hamil anak kedua. Pada dasarnya tidak ada yang salah dengan hasrat untuk mempunyai anak kedua, namun dibutuhkan suatu perencanaan yang baik termasuk jarak ideal antara anak pertama dan kedua. Selain itu, Ayah dan Bunda harus paham bagaimana mempersiapkan anak pertama untuk memiliki adik, serta persiapan penting yang lainnya.

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Jalani Program Hamil Anak Kedua

Dalam menjalani program hamil anak kedua, ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan serta dipertimbangkan oleh Ayah dan Bunda diantaranya yaitu :

  1. Mengetahui waktu yang tepat memiliki anak kedua

Berdasarkan berbagai penelitian, jarak ideal yang disarankan untuk menjalani program kehamilan anak kedua kurang lebih 18-23 bulan setelah kelahiran anak pertama. Tujuannya yaitu untuk mempersiapkan tubuh Bunda dan calon buah hati agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bunda harus benar-benar pulih dari stress melahirkan anak yang pertama. Selain itu, tubuh Bunda perlu mendapatkan asupan vitamin yang mencukupi sebelum kelahiran anak kedua. Mulailah dengan senantiasa menjaga kesehatan tubuh, menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, serta konsultasi dengan dokter.

Ketika kurang dari jarak ideal misalnya hanya sampai 17 bulan, kondisi ini bisa meningkatkan resiko kelahiran anak kedua yang prematur. Tidak hanya itu saja, kecenderungan kelahiran anak mengalami autisme lebih tinggi. Meskipun demikian, jarak yang terlalu panjang juga tidak bagus untuk program kehamilan.

  1. Mempersiapkan anak pertama yang berperan sebagai kakak

Dalam menyambut kehadiran buah hati kedua yang akan menjadi adik, anakĀ  yang pertama cenderung mengalami berbagai emosi yang berubah-ubah stabil seperti gembira, cemburu, dan benci. Bahkan tidak sedikit kasus anak pertama yang lebih nakal, rewel, sampai susah makan. Karena beberapa hal tersebut, sangat penting sekali bagi Ayah dan Bunda untuk kesiapan anak pertamanya sebagai kakak.

  1. Bunda sudah siap menjalani kehamilan kedua

Untuk meningkatkan perubahan positif pada kehamilan anak kedua, Bunda harus mempunyai pengalaman serta pengetahuan yang baik dari kehamilan pertama. Tujuannya agar Bunda bisa lebih percaya diri dan siap dalam merawat anak kedua. Sehingga untuk masalah rumit seperti mengganti popok, menyusui, serta mengantisipasi berbagai penyakit yang bisa terjadi pada anak tidak terlalu rumit diatasi.

Tips Sukses Dalam Menjalani Program Hamil Anak Kedua

Tidak hanya persiapan penting yang penting untuk dipertimbangkan dengan baik, dalam hal ini pasangan suami istri juga perlu menjalankan tips yang akan mensukseskan program hamil anak kedua. Beberapa tips yang bisa digunakan untuk mempercepat kehamilan anak kedua diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan frekuensi hubungan seksual. Dalam kurun waktu satu minggu untuk mempercepat kehamilan, minimal Anda melakukan hubungan seksual 4 sampai dengan 5 kali terutama pada saat masa subur.
  2. Senantiasa menjaga kesehatan baik suami maupun istri. Untuk mengetahui kesehatan kedua pasangan ada baiknya jika Anda rutin melakukan pengecekan kesehatan.
  3. Kurangi konsumsi kafein.
  4. Hindari merokok.
  5. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin.
  6. Hindari mengkonsumsi jenis obat-obatan yang dijual bebas.
  7. Selalu menjaga kebersihan diri.
  8. Jangan terlalu stress. Hindari hal-hal yang membuat pikiran stress.
  9. Senantiasa menjaga kebersihan dalam lingkungan tempat tinggal.
  10. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang bisa membantu untuk meningkatkan kesuburan seperti daging, tumbuhan berprotein, jenis makanan yang mengandung zinc, ubi, ikan, dan susu karbohidrat kompleks.

Nah, itulah sekilas mengenai persiapan penting untuk menjalani program hamil anak kedua dan tips sukses untuk menjalaninya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *