Memiliki anak atau buah hati tentunya menjadi dambaan bagi sejumlah pasangan yang sudah menikah. Berbicara tentang anak, untuk mempercepat kehamilan ternyata Anda bisa melakukan cara yang cukup mudah dengan mengetahui masa kesuburan wanita dan pria. Tidak bisa dipungkiri bahwa pasangan yang sudah menikah tidak menjamin akan mendapatkan keturunan langsung. Bahkan tidak sedikit yang telah menjalani rumah tangga bertahun-tahun namun masih belum dikaruniai momongan.

Ciri Ciri Masa Subur ?

Jika Anda termasuk pasangan yang mengalami masalah seperti itu, sebaiknya jangan terlalu stress dan khawatir. Ada baiknya jika bersabar dan terus berusaha sebaik mungkin. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu berhubungan intim pada saat memasuki masa subur. Masa subur adalah masa dimana sel telur pada wanita dan sel spermatozoa pada pria mencapai puncak teratas dalam kematangannya untuk melakukan proses pembuahan.

Kapan Masa subur ?

Yang Anda tahu mungkin saat ini lebih populer cara mengetahui masa kesuburan wanita, sementara untuk masa subur pada pria jarang disinggung. Padahal sebenarnya untuk keberhasilan kehamilan, baik itu reproduksi pria atau wanita harus berada dalam kondisi yang prima. Oleh karena itu masa kesuburan pada pria juga penting untuk diketahui.

Cara Mengetahui Masa Kesuburan Wanita dan Pria

Dengan mengetahui masa kesuburan wanita dan pria, program kehamilan bisa terbantu untuk diwujudkan. Tidak hanya cukup dengan mengetahui masa subur wanita saja, terdapat berbagai faktor lain yang mempengaruhi terjadinya kehamilan diantaranya yaitu saluran telur harus sehat, selaput dinding rahim dan fungsi serviks harus optimal, sperma pria yang memiliki kualitas bagus, dan keharmonisan dalam hubungan suami istri.

  1. Cara Mengetahui Masa Subur pada Wanita

Seperti yang kita ketahui, ada banyak cara untuk mengetahui masa subur pada wanita. Salah satu cara yang paling populer digunakan yaitu sistem perhitungan kalender yang merupakan hitungan tanggal berdasarkan usainya menstruasi sampai siklus menstruasi wanita selanjutnya.

Pada umumnya, puncak kesuburan wanita yang mengalami siklus haid teratur adalah 14 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi. Sementara untuk rentang masa suburnya wanita dimulai dari hari ke-14 dikurangi 2 hari sampai hari ke-14 ditambah 2 hari. Jadi masa suburnya adalah hari ke-14 sampai hari ke-16.

Selain menggunakan sistem perhitungan kalender, cara lain untuk menentukan masa subur pada wanita yaitu dengan mendeteksi lendir serviks menggunakan tes jari. Caranya, ujung jari telunjuk dan ibu jari dimasukkan ke dalam vagina, kemudian tariklah secara perlahan. Perhatikan elastisitas dari lendirnya. Di masa subur, lendir serviks sangat elastis ditandai dengan lengket yang sulit terputus.

  1. Cara Mengetahui Masa Subur pada Pria

Kesuburan pada pria selalu ditentukan berdasarkan kualitas dan kuantitas sel sperma yang dihasilkan. Dengan begitu, indikator masa subur pria merupakan puncak dimana sel sperma memiliki kualitas yang baik serta kuantitas yang memadai.

Waktu puncak sperma mempunyai kualitas dan kuantitas bagus terjadi pada suhu dingin. Pada umumnya terjadi pada dini hari sampai pagi hari, yaitu jam 04.00 sampai 07.00 pagi. Tidak hanya waktu, untuk musim ternyata berpengaruh juga terhadap kesuburan pada pria. Di musim dingin, produksi sel sperma lebih banyak dibandingkan pada musim panas.

Selain mengetahui masa kesuburan wanita dan pria, pasangan suami istri yang ingin cepat memiliki momongan juga harus bisa menjaga kesehatan tubuhnya. Caranya yaitu dengan makan makanan bergizi dan olahraga teratur. Jika terdapat keluhan, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *