Kehamilan terjadi ketika kondisi Anda dan pasangan sedang dalam masa subur dan sehat. Yang menjadi masalahnya sejumlah pasangan suami istri selalu menginginkan momongan lebih cepat sedangkan masa subur pada wanita itu tidak terjadi setiap hari. Sehingga cara program hamil setelah menstruasi saat ini sudah banyak dilakukan.

Jika di masa subur peluang kehamilan lebih besar, sebaliknya ketika wanita tengah mengalami menstruasi maka peluang mendapatkan kehamilan sangatlah kecil. Namun apakah setelah menstruasi bisa langsung hamil jika melakukan hubungan intim? Untuk mengetahui jawabannya lebih lanjut, simak sedikit ulasan di bawah ini.

Pembuahan yang menjadi proses awal kehamilan merupakan kondisi dimana sel spermatozoa bertemu atau membuahi sel telur yang sudah lepas. Pada umumnya proses pelepasan ovum ini berlangsung sekitar dua minggu sebelum dan sesudah wanita mengalami menstruasi. Sebenarnya proses pembuahan terjadi kapan saja, namun kemungkinan berhasil atau tidaknya ini yang berbeda-beda di setiap waktu.

Oleh karena itu, berhubungan intim tepat satu hari setelah menstruasi selesai bisa menyebaban terjadinya kehamilan namun kemungkinannya sangat kecil. Pasalnya sel telur belum mengalami ovulasi dari indung telurnya. Selain itu, kemampuan sperma bertahan hidup dalam tubuh wanita hanya berlangsung lima hari.

Bagaimana Cara Program Hamil Setelah Menstruasi Agar Cepat?

Meskipun demikian, ketika Anda dan pasangan bisa melakukan berbagai cara program hamil setelah menstruasi. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh kesempatan yang lebih maksimal untuk memiliki momongan. Dan berikut ini beberapa cara-caranya.

  1. Periksakan diri ke dokter

Untuk merencanakan kehamilan, Anda dan pasangan bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Dokter nantinya akan mulai memeriksa kondisi tubuh Anda serta membantu mencari kapan masa suburnya. Selain itu, dokter akan memberikan saran agar bisa cepat hamil.

  1. Cari tahu kapan masa subur

Kapan terjadinya kehamilan biasanya akan sulit diketahui ketika Anda tidak mengetahui masa subur. Perlu diingat bahwa masa subur ini sangat penting sebagai waktu terbaik untuk melakukan hubungan intim tanpa menggunakan kontrasepsi agar mempercepat terjadinya pembuahan.

Anda bisa mengetahui masa subur dengan lebih teliti melalui metode mencatat tanggal mestruasi setiap bulannya. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah dalam mengira-ngira pada hari keberapa setelah haid untuk memasuki masa subur.

  1. Pilih waktu yang baik untuk berhubungan

Selama masa subur, Anda dan pasangan bisa melakukan hubungan intim untuk mendapatkan kehamilan yang lebih cepat. Pada ummnya, waktu terbaik untuk berhubungan yaitu kurang lebih sekitar tiga hari sebelum proses ovulasi terjadi. Penting untuk diketahui bahwa sel sperma hanya mampu bertahan hidup lima hari di dalam tubuh wanita, sementara sel telur hanya bertahan hidup satu hari saja.

  1. Kelola stress

Selama mengalami menstruasi, perubahan hormon memang seringkali terjadi dan hal tersebut tentunya akan mengubah kondisi emosi Anda. Wanita umumnya akan lebih sensitif dan mudah mengalami stress. Stress yang berlebihan ternyata bisa menghambat terjadinya kehamilan.

Maka dari itu, penting sekali untuk Anda agar bisa mengelola stress sampai menstruasi selesai sehingga suasana hati menjadi lebih baik. Dengan begitu, Anda dan pasangan sudah siap untuk menjalani program kehamilan.

Untuk mengelola stress, setiap orang akan memiliki cara masing-masing salah satunya yaitu dengan berolahraga atau relaksasi. Dalam hal ini sebaiknya carilah cara yang terbaik untuk Anda selama menjalani cara program hamil setelah menstruasi pada bagian pengelolaan stress berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *