Kanker serviks merupakan pembunuh pertama kaum wanita di dunia, oleh sebab itu kanker serviks sangat ditakuti oleh kaum perempuan. Banyak hal yang bisa menyebabkan kanker serviks selain karena penyebab utamanya yaitu virus HPV, penyebab lainnya aadalah karena makanana atau bahkan karena gaya hidup yang tidak sehat.

Menurut Prof. DR.dr.Aru Wicaksono sebagai ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) yang telah dilansir dari laman kumparan, dari 40 perempuan yang terdiagnosis terkena penyakit kanker serviks pada 20 orang diantaranya meninggal dunia. Hal inilah yang membuktikan bahwa kanker serviks merupakan pembunuh nomer satu perempuan Indonesia.

Mungkin anda tidak menyadari beberapa kebiasaan sehari-hari ini ternyata bisa memicu terjadinya kanker serviks. Oleh sebab itu sebaiknya setelah membaca artikel ini anda menghindari melakukan beberapa kebiasaan ini.

Kebiasaan pemicu kanker serviks

Beberapa kebiasaan ysehari-hari yang bisa memicu terjadinya kanker serviks diantaranya adalah:

Jarang membersihkan area vital

Wanita yang jarang membersihkan alat vitam akan menyebabkan peradangan yang berkepanjangan, ketika alat vital wanita jarang dibersihkan maka akan menyebabkan bakteri pada area ini mengalami perkembangan sehingga menjadi lebih banyak dan akan membuat masalah serius pada bagian alat vital.

Oleh karena itu sangat penting bagi wanita untuk selalu menjaga kebersihan alat vital untuk menjaga daerah vital dan agar mencegah tumbuh kembangnya bakteri yang bisa memicu kanker Rahim atau kanker serviks.

Makanan yang tidak sehat

Sering mengonsumsi makanan sembarangan dengan tidak memikirkan gizi yang terkandung didalamnya juga bisa menjadi penyebab kanker serviks. Selain kandungan berbahaya yang terdapat pada beberapa makanan yang kini banyak beredar di pasaran. Kekurangan vitamin dan nutrisi didalam tubuh anda juga akan menyebabkan menurunknya anti bodi didalam tubuh sehingga bisa mempermudah virus HPV menyerang anda.

Oleh karena itu sebaiknya anda menghindari mengonsumsi makanan seperti junk food, makanan yang berlemak tinggi, dan makanan-makanan yang tidak bernutrisi. Dan menjaga agar pola makanan anda menjadi lebih sehat dan disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Sering begadang

Kebiasaan tiduryang terlalu larut akan memicu berbagai masalah kesehatan, seseorang yang kekurangan waktu tidur akan memiliki daya tahan tubuh yang lemah, dimana sistem kekebalan tubuh ini sangat berguna dalam mencegah berbagai macam penyakit, termasuk dari serangan virus yang menyebabkan kanker serviks yaitu virus HPV.

Oleh karena itu terutama untuk kaum wanita sebaiknya mulai dari sekarang mengurangi begadang jika tidak terlalu diperlukan.

Seks menyimpang atau berhubungan seksual yang tidak sehat

Berhubungan seksual yang tidak aman bisa memicu kanker serviks, sebenarnya bukan kanker serviks yang menular, melainkan penyebab dari kanker serviks inilah yang memungkinkan menular. Penyebab dari kanker serviks yang bisa menular melalui hubungan seksual ini adalah HPVyaitu huma papilloma virus.

Virus HPV ini bisa ditularkan melalui hubungan seksual, oleh karena itu sebaiknya anda selalu menggunakan kondom saat hendak melakukan hubungan seksual agar terhindar dari penularan virus HPV. Dan sebaiknya hindari melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

Nah beberapa hal diatas mungkin salah-satunya merupakan kebiaaan anda sehari-hari, nah oleh sebab itu sebaiknya sekarang anda memulai menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga untuk mencegah terjadinya kanker serviks yang sudah jelas sangat ditakuti oleh kaum perempuan karena merupakan pembunuh wanita terbanyak.

Sumber: https://cegahkankerserviks.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *