Setelah menikah, pasangan suami istri selalu memiliki harapan untuk mendapatkan momongan. Dengan keinginan tersebut, tentunya mereka harus melakukan suatu usaha yang bisa mempercepat kehamilan salah satunya yaitu dengan mengonsumsi asam folat yang bagus untuk program hamil. Asam folat memiliki peranan penting sebagai nutrisi penyubur kandungan.

Tidak hanya itu saja, asam folat dapat membantu tumbuh kembang janin selama di dalam kandungan dan mencegah terjadinya cacat lahir. Untuk mencukupi kebutuhan asam folat selama kehamilan, Bunda bisa mendapatkannya dari makanan tertentu yang kaya akan kandungan asam folatnya. Dengan begitu, Bunda tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin asam folat.

Tubuh seseorang membutuhkan asam folat yang berfungsi untuk memproduksi DNA, membantu zat besi agar bisa bekerja dengan baik dalam tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, sampai membantu untuk pertumbuhan sel dan jaringan pada bayi, remaja, dan juga kehamilan. Tidak haya itu saja, dengan manfaat hebat dari asam folat menjadikan antioksidan ini dijuluki sebagai pahlawan untuk ibu hamil dan pasangan suami istri yang sedang menjalani program kehamilan.

Beberapa Manfaat Asam Folat yang Bagus untuk Program Hamil

Asam folat yang bagus untuk program hamil tentunya memiliki beberapa manfaat tertentu. Manfaat yang terkandung didalamnya sangatlah bagus dalam mendukung kehamilan, diantaranya yaitu :

  1. Asam folat bisa membantu untuk mencegah terjadinya keguguran dan cacat lahir seperti bibir sumbing, cacat jantung, atau cacat tabung saraf. Ketahuilah bahwa pada umumnya cacat tabung saraf ini terjadi di awal kehamilan jauh sebelum wanita mengetahui bahwa dirinya tengah hamil. Oleh karena itu, asam folat sangat penting untuk dikonsumsi sebelum hamil.
  2. Asam folat untuk menjalani program hamil memiliki manfaat dalam meningkatkan kesuburan pada wanita. Fungsi lain dari asam folat yaitu bisa mempengaruhi fungsi ovarium, implantasi, serta beberapa proses kehamilan yang lainnya.
  3. Manfaat lain dari asam folat yaitu membantu meningkatkan kesuburan pada pria. Asam folat yang termasuk antioksidan bisa meningkatkan jumlah sperma untuk membantu peluang dalam keberhasilan pembuahan.
  4. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, menunjukkan bahwa asam folat ini sangat penting untuk pembentukan DNA dan sperma.
  5. Selain memiliki peranan penting untuk memproduksi dan perbaikan pada fungsi DNA, asam folat juga berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin serta plasenta.
  6. Asam folat bisa mengurangi resiko terjadinya preeklamsia selama masa kehamilan.

Untuk wanita yang menginginkan kehamilan, kebutuhan asam folat yang bagus untuk program hamil adalah 400 mikrogram atau 0,4 miligram per hari. Konsumsilah asam folat selama satu bulan sebelum masa pembuahan terjadi. Dari dosis 400 mcg asam folat ini bisa diperoleh dari sumber makanan yang mengandung asam folat seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, makanan laut, hati sapi, ikan salmon, dan susu rendah lemak.

Selain diperoleh dari makanannya langsung yang kaya akan kandungan asam folat, kebutuhan asam folat dalam program kehamilan bisa diperoleh dari suplemen. Tidak hanya asam folat, beberapa vitamin dan juga mineral lainnya sangat baik dalam meningkatkan kesuburan seperti vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, selenium, dan zinc.

Ketika Anda memilih suplemen asam folat yang bagus untuk program hamil, sangat disarankan agar dikonsumsi sesuai anjuran dan resep dari dokter. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek samping dan reaksi lainnya yang merugikan karena salah mengonsumsi asam folat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *