Apakah ibu hamil minum susu kedelai akan memengaruhi kehamilan? Banyak ibu hamil percaya bahwa minum susu kedelai selama kehamilan dapat memengaruhi jenis kelamin janin, terutama dalam 3 bulan pertama. Namun, bagaimana dengan kenyataannya?

Dalam susu yang baik untuk ibu hamil tidak bisa tidak menyebutkan susu kedelai. Tapi masih ada keraguan bagi beberapa ibu tentang manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, tetapi jika Anda belum memahami manfaatnya, silahkan simak informasi berikut ini.

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Minum susu kedelai selama hamil dengan benar tidak akan mempengaruhi janin karena jenis susu ini membawa banyak manfaat kesehatan bagi ibu dan bayi:

  • Susu kedelai memberi ibu hamil sejumlah besar protein. Tidak hanya itu, kandungan protein susu kedelai lebih baik, karena tidak ada banyak kolesterol dan lemak sebagai sumber protein hewani.
  • Meski berasal dari tanaman, nilai gizi susu kedelai seperti kandungan protein, vitamin A, D, Riboflavin dan B12 setara dengan susu sapi. Untuk ibu dengan alergi laktosa dalam susu sapi, susu kedelai adalah alternatif yang sangat baik.
  • Kandungan kalsium dalam susu kedelai membantu membatasi osteoporosis yang diinduksi kehamilan, mengurangi risiko prematur dan berat lahir rendah pada janin.
  • Serat dalam susu kedelai membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko sembelit .

Apakah minum susu kedelai dapat memengaruhi jenis kelamin anak-anak?

Diolah dari kacang kedelai, susu kedelai adalah salah satu minuman yang paling bergizi dan sangat disukai. Namun, banyak wanita beranggapan bahwa susu kedelai bukan makanan yang baik untuk ibu hamil dalam 3 bulan pertama karena dapat mempengaruhi perkembangan jenis kelamin janin.

Pada tahun 1999, sebuah studi yang diterbitkan dalam majalah American Reproductive Health menemukan bahwa mengkonsumsi sejumlah besar kedelai selama kehamilan dapat memengaruhi perkembangan janin dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap kanker. Namun, penelitian ini hanya dilakukan pada sekelompok kecil ibu hamil dan tidak luas.

Diterbitkan pada tahun 2002 oleh American Journal of Nutrition, penelitian pada bayi yang minum susu kedelai menunjukkan bahwa sama sekali tidak ada tanda-tanda membahayakan kesehatan anak-anak.

Pada tahun 2003, para ilmuwan Inggris juga menyelidiki efek isoflavon, salah satu kelompok Phytoestrogen yang ditemukan dalam kacang kedelai, agen yang secara negatif mempengaruhi perkembangan jenis kelamin janin.

Meski begitu, tidak ada bukti yang membuktikan bahaya isoflavon bagi kesehatan bayi Anda. Tidak hanya menyebabkan kerusakan, isoflavon dalam susu kedelai juga terbukti mencegah kanker payudara pada wanita.

Bagaimana cara ibu hamil minum susu kedelai dengan benar?

Menurut para ahli, untuk memastikan kesehatan, ibu hamil minum susu kedelai minuman tidak lebih dari 500 ml susu / hari, dan tidak minum dalam jumlah besar sekaligus, jangan minum terlalu banyak.

Idealnya, minum hanya dua kali sehari, sekitar 250 ml susu kedelai setiap kali. Minum terlalu banyak susu kedelai dapat menyebabkan gangguan pencernaan, perut kembung, serta memengaruhi kemampuan menyerap zat lain.

Kapan sebaiknya minum susu kedelai selama kehamilan?

Menurut para ahli, ibu hamil minum susu kedelai kapan pun mereka suka, kecuali untuk satu kali: Ketika Anda merasa lapar. menjadi panas, diserap dan hilang oleh tubuh.

Untuk membantu tubuh Anda menyerap nutrisi terbaik, ketika seorang ibu hamil minum susu kedelai, makan roti, kue kering, atau makanan bertepung.

Beberapa catatan lain:

  • Jangan minum terlalu banyak: Ibu hamil tidak boleh minum lebih dari 500ml susu kedelai setiap hari, dan tidak boleh minum dalam jumlah besar pada waktu yang bersamaan. Minum terlalu banyak susu kedelai dapat menyebabkan gangguan pencernaan, perut kembung, memengaruhi kemampuan menyerap zat lain.
  • Didihkan sebelum diminum : Kacang kedelai mentah akan menghasilkan beberapa zat berbahaya bagi tubuh, yang dapat menyebabkan sakit perut, mual …
  • Jangan makan dengan telur:   Protein dalam putih telur yang dikombinasikan dengan trypsin dalam susu kedelai akan membentuk endapan, mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi.
  • Jangan minum dengan gula merah: Protein dalam kedelai bila dikombinasikan dengan asam organik dalam gula merah akan menghancurkan nutrisi dalam susu. Pada saat yang sama, itu juga mempengaruhi kemampuan pencernaan Anda.
  • Dianjurkan untuk makan makanan bertepung yang akan membantu mengubah nutrisi dalam susu lebih baik.

Meminum susu kedelai sangat baik untuk ibu hamil, tidak berpengaruh pada kesehatan atau jenis kelamin janin seperti yang banyak rumor beredar. Untuk menghilangkan keraguan dengan bertanya kepada dokter secara langsung tentang manfaat dan bahaya susu kedelai untuk ibu hamil jika Anda tidak puas dengan informasi yang kami berikan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *