Setelah menikah, pasangan suami istri sebagian besar selalu menginginkan momongan. Ada banyak tips yang bisa dilakukan, namun untuk mempercepat kehamilan Anda dan pasangan bisa mengonsumsi makanan untuk program hamil. Dengan begitu, kesempatan mendapatkan buah hati semakin meningkat apalagi ketika sepasang suami istri bisa menjalani pola makan yang sehat dan seimbang.

Asupan Nurtisi Makanan Untuk Program Hamil Yang Sukses

Dalam mempersiapkan kehamilan, makanan untuk program hamil mempunyai peran yang sangat penting. Dengan mengonsumsi makanan tepat, Anda sebagai calon Bunda tentunya bisa mempersiapkan diri agar tubuh tetap sehat sampai nanti mendapatkan bayi. Dan berikut ini beberapa asupan nutrisi makanan yang bisa dikonsumsi untuk memaksimalkan program kehamilan bagi pasangan suami istri.

  1. Protein

Protein memiliki peran yang penting dalam membantu memproduksi asam amino serta memperbaiki sel tubuh yang rusak. Dalam menjalani program kehamilan,disarankan untuk mengonsumsi 75-100 gram protein. Sumber makanan yang bisa dikonsumsi diantaranya telur, susu, yogurt, kacang-kacangan, daging merah, daging putih, dan seafood.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat memiliki peran penting sebagai sumber makanan yang dapat membantu mempercepat kehamilan. Pilihlah sumber karbohidrat seperti gandum, buah-buahan, oatmeal, sayuran yang banyak mengandung serat, dan kentang.

  1. Vitamin

Makanan untuk mempercepat dan membantu program hamil bisa didapatkan dari vitamin. Mulai dari vitamin A sampai E ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, yaitu :

  • Vitamin A, membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Sumber makanannya wortel, hati, brokili, bayam, dan sayuran lain yang berwarna kuning dan hijau.
  • Vitamin B1, mengatur sistem saraf serta membantu meningkatkan energi. Sumber makanannya gandum, nasi, sayuran, kacang-kacangan, dan telur.
  • Vitamin B2, membantu menyehatkan mata dan kulit. Sumber makanannya ikan, telur, produk olahan susu, dan daging merah.
  • Vitamin B3, meningkatkan kesehatan pencernaan, kulit, dan saraf. Sumber makanannya kacang, ikan, daging merah, susu, dan telur.
  • Vitamin B6, membantu produksi sel darah merah. Sumber makanannya daging merah, hati, ikan, ayam, wortel, bayam, pisang, kacang kedelai, dan brokoli.
  • Vitamin B12, membantu mencegah cacat spina bifida dan penting dalam pembentukan DNA. Sumber makanannya ikan, daging merah, kerang, daging ayam, dan produk olahan susu.

 

  1. Mineral

Mineral termasuk salah satu zat makanan yang bisa membantu program kehamilan, dalam hal ini ada beberapa fungsi mineral diantaranya :

  • Kalsium, membantu fungsi saraf, menyehatkan gigi dan tulang, serta mencegah terjadinya penggumpalan darah. Sumber makanannya yogurt, susu, keju, ikan, dan sayuran berdaun hijau.
  • Zat besi, mencegah terjadinya kelahiran prematur atau berat badan bayi kurang dan membantu produksi hemoglobin. Sumber makanannya daging merah, kacang-kacangan, dan bayam.
  • Zinc, mempengaruhi kesuburan dan ovulasi pada wanita serta membantu memproduksi air mani dan testosteron pada pria. Sumber makanannya daging unggas, kerang, daging merah, gandum utuh, produk olahan susu, dan kacang-kacangan.

 

  1. Asam Folat

Untuk membantu dalam mempersiapkan kehamilan, disarankan mengonsumsi suplemen asam folat. Dosis yang bisa digunakan yaitu 400 mcg/hari. Sumber makanan yang mengandung asam folat diperoleh dari kacang-kacangan, alpukat, asparagus, bayam, brokoli, jeruk, dan kacang polong.

Tidak cukup dengan asupan nutrisi makanan untuk program hamil, Anda dan pasangan perlu melakukan berbagai hal lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, lakukanlah konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *