Tidak hanya perempuan, masalah kesuburan yang terjadi pada pria juga termasuk salah satu alasan kenapa sejumlah pasangan suami istri belum dikaruniai momongan. Sehingga tidak sedikit saat ini program hamil untuk pria banyak dilakukan, dengan tujuan pada umumnya yaitu meningkatkan kesuburan sehingga bisa mempercepat kehamilan pada pasangannya.

Pada pria, masalah kesuburan terjadi disebabkan karena kualitas dan kuantitas spermanya tidak bisa membuahi sel telur dengan baik. Apabila Anda termasuk pria yang memiliki masalah sama, sebaiknya jangan terlalu khawatir dan cemas. Karena dengan adanya program hamil, hal tersebut bisa dilakukan untuk mendapatkan kesempatan besar dalam memiliki momongan. Lalu apa saja program hamil pria?

Beberapa Program Hamil Untuk Pria Yang Bisa Dilakukan

Sebelum menjalani program hamil untuk pria, terlebih dahulu Anda harus mengetahui penyebab masalah kesuburan yang terjadi. Pasalnya untuk semua penyebab masalah ketidaksuburan akan memiliki solusi serta penanganan yang berbeda-beda. Selain itu, ketahuilah ciri-ciri atau gejala fisik pada pria yang menandakan bahwa dirinya tidak subur, diantaranya yaitu :

  • Mengalami disfungsi ereksi dimana kondisi penis tidak bisa optimal saat ereksi selama hubungan intim.
  • Varikokel, pembengkakan pada pembuluh darah vena di dalam skrotum yang melapisi testis sehingga hal tersebut menyebabkan tidak optimalnya kualitas sperma.
  • Volume ejakulasi sangat sedikit yang menyebabkab kualitas sperma tidak bagus.

Saran Penting Lainnya Untuk Menjalani Program Hamil Untuk Pria Yang Bisa Dilakukan

Pada umumnya, ketidaksuburan pria terjadi karena gangguan sperma baik itu dalam segi jumlah, bentuk, ataupun pergerakan sperma. Beberapa faktor penyebab gangguan pada sperma diantaranya yaitu penyakit infeksi, terkena racun dan polusi lingkungan, adanya kelainan bentuk organ reproduksi pria, masalah kesehatan, dan masalah genetik.

Selain itu, ketidaksuburan pada pria bisa terjadi karena obesitas, kebiasaan hidup yang buruk seperti mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok. Untuk membantu meningkatkan kesuburan pada pria, Anda saat ini sudah bisa melakukan sejumlah program hamil yang dapat membantu memperbaiki kualitas sperma yang akan membuahi ovum secara optimal. Beberapa program hamil untuk pria diantaranya :

  1. Terapi kesuburan

Terapi kesuburan bisa dilakukan dengan beberapa cara, dan hal ini tergantung pada kondisi sperma dari masing-masing pria diantaranya yaitu menggunakan obat penyubur atau pemberian suplemen, melakukan operasi. Untuk operasi ini biasanya dilakukan dengan tujuan menangani kasus varikokel atau varises pada buah zakar.

  1. Program bayi tabung

Program bayi tabung atau in vitro fertilization merupakan pilihan yang sangat populer di kalangan suami istri untuk membantu proses kehamilan. In vitro fertilization dilakukan dengan cara mengkombinasikan sel telur dan sperma diluar tubuh. Ketika sel telurnya sudah dibuahi, hasilnya akan langsung dipindahkan ke dalam rahim wanita agar bisa tumbuh menjadi janin.

  1. Inseminasi buatan

Inseminasi buatan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjalani program kehamilan. Caranya dilakukan dengan meletakkan sperma langsung kedalam rongga rahim. Cara yang satu ini dapat diterapkan pada pria dengan sperma yang tidak bergerak bagus, meskipun sebenarnya untuk jumlah sperma tersebut sudah cukup.

Inseminasi buatan bisa dilakukan pada saat wanita mengalami masa subur, dimana indung telur sudah menghasilkan sel telur yang siap untuk dibuahi. Sehingga nantinya sperma tidak perlu berenang terlalu jauh untuk mencapai ovum tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menjalani program hamil untuk pria. Jika Anda dan pasangan tertarik untuk melakukannya, pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *