Program hamil anak kembar tidak sedikit dilakukan oleh sejumlah pasangan suami istri, baik mereka yang sudah lama menikah atau bahkan yang baru saja menikah. Banyak yang menginginkan kehamilan anak kembar, pasalnya membesarkan dua anak sekaligus ternyata memiliki kesan kebahagiaan tersendiri bagi wanita. Selain itu, kehadiran anak kembar juga menambah kehangatan dalam keluarga.

Namun ternyata tidak semua wanita bisa mengalami kehamilan anak kembar, apalagi tidak ada yang tahu siapa yang akan mendapatkan keturunan kembar karena hal tersebut dipengaruhi oleh adanya faktor genetik. Meskipun demikian, dengan kecanggihan teknologi di era modern seperti sekarang pasangan suami istri bisa menjalani program bayi kembar dengan cara-cara tertentu.

Kehamilan kembar merupakan kondisi kehamilan dimana ovum atau sel telur yang dibuahi menjadi dua embrio bahkan lebih. Penyebabnya bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya yaitu karena adanya faktor genetika. Artinya ketika dalam satu keluarga memiliki anak kembar, maka kemungkinan besar keluarga yang masih berhubungan sedarah bisa memiliki anak kembar juga.

Tips Medis Dan Non Medis Program Hamil Anak Kembar

Untuk menjalani program hamil anak kembar, pasangan suami istri bisa merencanakannya dengan bantuan medis atau secara alami. Dalam program kehamilan anak kembar, presentase terbesarnya yang mencapai 90% berpengaruh pada wanita. Dengan tujuan untuk memaksimalkan usaha menginginkan anak kembar, ada beberapa cara yang harus dilakukan diantaranya yaitu :

  1. Mengonsumsi suplemen kehamilan

Dengan mengonsumsi suplemen kehamilan terutama asam folat, hal ini bisa dilakukan untuk membantu proses terbentuknya bayi kembar. Peluangnya mencapai 40% terjadi kehamilan bayi kembar jika wanita mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat, apalagi ketika wanita tersebut memiliki riwayat keturunan kembar.

  1. Bentuk fisik

Wanita dengan berat badan yang lebih besar dan postur tubuh yang lebih tinggi mempunyai peluang mendapatkan anak kembar lebih banyak. Jika Anda tertarik untuk menambah berat dan tinggi badan dengan tujuan menginginkan kehamilan anak kembar, pastikan harus disertai dengan olahraga dan pola hidup sehat.

  1. Perbanyak konsumsi olahan susu

Berdasarkan penelitian Jewish Medical Center, produk olahan susu seperti ice cream, keju, dan yogurt ternyata bisa membantu proses kehamilan untuk mendapatkan anak kembar. Untuk itu tidak ada salahnya ketika Anda menginginkan anak kembar agar memperbanyak mengonsumsi olahan susu.

  1. Program fertilisasi

Salah satu program kehamilan anak kembar di era canggih seperti sekarang ini yaitu dengan program fertilisasi. Program tersebut dilakukan dengan cara menanamkan embrio kembar pada organ reproduksi wanita. Setelah itu pasangan suami istri bisa meminta jumlah anak kembar yang ingin dimiliki.

  1. Menyusui selama hamil

Kesempatan mendapatkan kehamilan anak kembar akan lebih besar bagi wanita yang menyusui selama hamil. Kemungkinan ini juga bisa terjadi bahkan sampai 9 kali kesempatan untuk memiliki anak kembar. Namun pastikan Bunda dan suami sudah siap memiliki anak lagi saat bayi masih kecil.

Sama halnya dengan kehamilan yang terjadi pada umumnya, untuk kehamilan anak kembar memiliki ciri-ciri atau tanda tersendiri pada wanita. Beberapa ciri-cirinya seperti mengalami morning sickness yang berlebihan, ngidam yang parah, frekuensi buang air kecil lebih sering, kelelahan, dan adanya perubahan suasana hati yang signifikan.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan pasangan suami istri untuk mendapatkan kehamilan bayi kembar dalam menjanali program hamil anak kembar. Untuk memperoleh hasil hamil anak kembar yang lebih akurat dan maksimal, ada baiknya jika berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *